Jumat, 20 Januari 2012

FOKUS: Laporan Sementara Bursa Transfer Januari Untuk Liga Primer Inggris

Menjelang ditutupnya bursa transfer musim dingin, GOAL.com melalui analisis Wayne Veysey sebagai kepala koresponden edisi UK melampirkan kegiatan perekrutan yang dilakukan klub-klub Liga Primer Inggris sepanjang Januari.

Kesibukan biasanya terjadi pada pekan terakhir bursa transfer dan diperkirakan pula kebiasaan itu kembali terjadi tahun ini. Wajar jika para manajer berlomba-lomba menambah kekuatan timnya pada paruh musim agar sukses mencapai target tim di akhir musim.

Berikut daftar kegiatan transfer dari setiap klub Liga Primer Inggris sejauh ini:


ARSENAL


Arsene Wenger sangat membutuhkan tambahan kekuatan di sektor depan, full-back, dan gelandang tengah meski Jack Wilshere dan Bacary Sagna berangsur-angsur pulih. Namun, keyakinan terhadap materi yang sudah dimiliki saat ini bisa membuat anggaran belanja 50 juta tak tersentuh. Bagaimanapun, percobaan transfer dilakukan bulan ini terhadap penyerang andalan FC Koln, Lukas Podolski.

Target paling realistis justru bek kiri Southampton, Luke Shaw, yang dianggap sebagai penjelmaan alumnus St Mary terdahulu, Gareth Bale. Perekrutan Thierry Henry hingga Februari tampaknya sudah cukup bagi Wenger hingga akhir musim.

Masuk: Thierry Henry (New York Red Bulls, pinjam)
Keluar: Emmanuel Frimpong (Wolves, pinjam), Vito Mannone (Hull City, pinjam)
Target: Luke Shaw, Nathaniel Clyne, Yann M’Vila, Yoan Gourcuff, Jan Vertonghen
Kemungkinan hengkang: Manuel Almunia, Marouane Chamakh, Tomas Rosicky, Ryo Miyaichi (pinjam), Theo Walcott

ASTON VILLA


Masih dinanti jawaban Aston Villa jika Liverpool datang dengan penawaran yang sulit ditolak untuk Darren Bent. Minat Liverpool terhadap Bent sudah berkembang sepanjang bulan ini dan Villa hanya mau melepasnya dengan banderol
£24 juta, naik dari jumlah £18 juta saat mendatangkannya dari Sunderland tahun lalu. 

Jika Bent pindah, Villa harus mencari lagi tambahan penyerang setelah meminjam Robbie Keane dari Los Angeles Galaxy. Didier Drogba dan Andy Carroll sempat dikaitkan dengan sasaran petinggi klub. Kemungkinan pula ada perpindahan bek James Collins yang diinginkan Sunderland dan Queens Park Rangers.

Masuk: Robbie Keane (LA Galaxy, pinjam), Enda Stevens (Shamrock Rovers)
Keluar: Shane Lowry (Millwall, pinjam), Jack Sampson (Southend United, pinjam)
Target: Nathaniel Clyne, Didier Drogba, Andy Carroll, Scott Dann, Jordan Rhodes
Kemungkinan hengkang: James Collins, Darren Bent, Fabian Delph

BLACKBURN ROVERS


Steve Kean telah berjanji akan mendatangkan pemain baru ke Ewood Park meski harus berupaya menahan kepergian bek tengah Christopher Samba, yang diinginkan QPR ataupun Tottenham Hotspur.

Kean sendiri ingin mendatangkan penyerang tengah baru dengan Anthony Modeste dari Bordeaux hampir pasti direkrut. Selain itu, penyerang Fulham Andy Johnson menjadi sasaran utama. Sayangnya, transfer sulit diwujudkan karena Johnson enggan meninggalkan London. Selain itu, Rovers dikaitkan dengan gelandang Paraguay, Victor Caceres, meski belum ada tawaran resmi.

Masuk: Anthony Modeste (pinjam, menunggu hasil tes medis)
Keluar: Tidak ada
Target: Andy Johnson, Victor Caceres, Giovani dos Santos
Kemungkinan hengkang: Christopher Samba, Scott Dann

BOLTON WANDERERS


Bolton hampir pasti mematenkan bek tengah Tim Ream dari New York Red Bulls untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Gary Cahill. Izin kerja masih ditunggu keluar hingga pekan depan.

Pemain asal liga utama Amerika Serikat (MLS) lain, striker Sebastien Le Touz, menjadi incaran utama Owen Coyle guna meningkatkan peluang Bolton selamat dari ancaman degradasi. Coyle juga berminat mendatangkan Giovani dos Santos dari Tottenham dan Junior Hoilett dari Blackburn.

Masuk: Tidak ada
Keluar: Gary Cahill (Chelsea, £7 juta), Jack Sampson (Southend United, pinjam)
Target: Tim Ream, Giovani dos Santos, Junior Hoilett, Sebastien Le Toux
Kemungkinan hengkang: Kevin Davies

CHELSEA


Andre Villas-Boas berhasil memperoleh tambahan kekuatan lini belakang setelah merekrut Gary Cahill. Akibatnya, Alex di ambang pintu keluar menuju QPR dan tinggal menunggu kesanggupan klub peminat itu terkait banderol yang dipatok Chelsea.

Sementara itu, negosiasi kontrak baru dengan Didier Drogba dan Salomon Kalou tidak membuahkan hasil positif sehingga transfer salah satu atau keduanya sulit dicegah. Rumor transfer Fernando Torres juga mulai berbunyi.

Posisi bek kanan masih menjadi salah satu masalah bagi Chelsea. Untuk mengatasinya, bek Marseille Cesar Azpilicueta diincar. Villas-Boas juga menginginkan tambahan gelandang seperti Luka Modric, Eden Hazard, dan Jack Rodwell meski Michael Essien sudah siap bermain lagi. Sepertinya transfer gelandang itu harus menunggu hingga akhir musim.

Masuk: Gary Cahill (Bolton Wanderers, £7 juta)
Keluar: Nicolas Anelka (Shanghai Shenhua, bebas), Josh McEachran (Swansea, pinjam), Patrick van Aanholt (Vitesse Arnhem, pinjam), Gael Kakuta (Dijon, pinjam), Ben Gordon (Kilmarnock, pinjam)
Target: Cesar Azpilicueta, Milos Krasic, Jack Rodwell, Luka Modric
Kemungkinan hengkang: Alex, Salomon Kalou, Didier Drogba, Fernando Torres

EVERTON


David Moyes harus memeras otak mencari cara sebaik mungkin di bursa transfer karena hanya dibekali anggaran terbatas. Everton memang menderita masalah finansial sehingga tak leluasa berbelanja pemain.

Darron Gibson dibeli dan Landon Donovan datang dengan status pinjaman untuk menambah kemampuan lini tengah tim. Sementara, untuk membantu kas klub, salah satu dari Tim Cahill atau Jack Rodwell akan dilepas.

Moyes masih mencari penyerang baru. Salah satu incarannya adalah Maxi Lopez dari Catania. Sedangkan striker internasional Amerika Serikat Edson Buddle sedang dalam proses ujicoba.

Masuk: Darron Gibson (Manchester United, £500 ribu dengan kemungkinan naik jadi £2 juta), Landon Donovan (LA Galaxy, pinjam)
Keluar: Aristote Nsiala (Accrington, pinjam)
Target: Maxi Lopez, Jeremy Perbet, Edson Buddle
Kemungkinan hengkang: Tim Cahill, Jack Rodwell

FULHAM


Martin Jol masih mencari penyerang baru, sayap kiri, dan seorang bek kanan untuk menambah kekuatan skuad intinya. Namun, hingga saat ini Fulham baru berhasil mendapatkan gelandang remaja Jack Grimmer dan Lasse Vigen Christensen.

Selain dua pemain itu, Fulham diyakini masih aktif mencari pemain baru hingga jendela transfer ditutup. Stok penyerang menjadi perhatian utama dan pembicaraan sudah digelar dengan West Bromwich Albion terkait penawaran terhadap Peter Odemwingie. Maxi Lopez gagal dibujuk pindah dari Catania, sedangkan striker Marseille Andre-Pierre Gignac meminta gaji yang terlalu tinggi.

Bobby Zamora siap meninggalkan Craven Cottage jika banderol
£5 juta disanggup klub peminat, tetapi Andy Johnson lebih mungkin pindah dengan QPR memimpin perburuan di depan Blackburn Rovers.

Masuk: Jack Grimmer (Aberdeen, £217 ribu), Lasse Vigen Christensen (FC Midtjytlland, £83 ribu)
Keluar: Tidak ada
Target: Peter Odemwingie, Andre-Pierre Gignac, Scott Sinclair, Nathaniel Clyne
Kemungkinan hengkang: Andy Johnson, Chris Baird, Damien Duff, Bobby Zamora, Clint Dempsey

LIVERPOOL


Ketumpulan lini depan Liverpool sepanjang musim ini membuat stok penyerang menjadi sasaran utama pada bursa transfer musim dingin. Keinginan merekrut Darren Bent dari Aston Villa makin menggebu-gebu karena jendela transfer segera ditutup. Namun, transfer menemui hambatan karena Villa ingin memetik keuntungan dari transfer yang mereka keluarkan saat merekrut sang pemain tahun lalu.

Liverpool juga menambah kekuatan dengan sejumlah pemain muda potensial, seperti Jordan Ibe yang direkrut dengan biaya
£1 juta plus pengatur serangan Joao Carlos Teixeira dari Sporting Lisbon.

Masuk: Jordan Ibe (Wycombe Wanderers, £1 juta)
Keluar: Danny Wilson (Blackpool, pinjam)
Target: Joao Carlos Teixeira, Darren Bent, Wilfried Zaha, Scott Sinclair
Kemungkinan hengkang: Andy Carroll, Dirk Kuyt

MANCHESTER CITY


Manchester City sangat sibuk mengangkut keluar kelebihan stok pemainnya, seperti Carlos Tevez yang belum juga menemukan klub yang tepat. City juga bersiap mendengarkan tawaran untuk Nedum Onuoha, Wayne Bridge, dan bahkan Adam Johnson karena manajer Roberto Mancini ingin mencari dana guna membeli pemain yang bisa memastikan gelar juara Liga Primer Inggris ke tangan mereka di akhir musim.

Daniele de Rossi masih diinginkan untuk memperkuat lini tengah City, sedangkan Wesley Sneijder dan Ezequiel Lavezzi terus dipantau guna melengkapi kemampuan eksplosif lini serang tim. Selain itu, sebagai modal masa depan, City terus memantau situasi dua gelandang muda Manchester United, Paul Pogba dan Ravel Morrison.

Masuk: Tidak ada
Keluar:
Harry Bunn (Preston North End, pinjam), Kieran Trippier (Burnley), Alex Nimely (Coventry City, pinjam), Chris Chantler (Carlisle United, pinjam)
Target: Daniele de Rossi, Paul Pogba, Ravel Morrison, Wesley Sneijder, Ezequiel Lavezzi
Kemungkinan hengkang: Carlos Tevez, Nedum Onuoha, Wayne Bridge, Adam Johnson

MANCHESTER UNITED


Sir Alex Ferguson mematahkan kemungkinan membeli pemain baru setelah secara mengejutkan Paul Scholes kembali bermain di atas rumput Old Trafford. Meski demikian, masih ada krisis bek tengah dan pemain yang bisa memegang kendali di lini tengah.

Rumor penjualan melingkupi Dimitar Berbatov yang diinginkan klub-klub Eropa, serta dua pemain muda Paul Pogba dan Ravel Morrison, yang kontraknya habis musim ini sehingga diincar klub-klub Liga Primer, termasuk klub tetangga, Manchester City.

Masih terbuka kemungkinan siapa pemain yang dianggap bisa memimpin tim untuk paruh kedua musim ini.

Masuk: Paul Scholes (gratis)
Keluar:
Darron Gibson (Everton, £500 ribu kemungkinan naik jadi £2 juta), Federico Macheda (QPR, pinjam), John Cofie (Royal Antwerp, pinjam), Joshua King (Hull City, pinjam)
Target: Nathaniel Clyne, Cheick Tiote, Jack Rodwell
Kemungkinan hengkang: Dimitar Berbatov, Paul Pogba, Ravel Morrison

NEWCASTLE UNITED


Papis Cisse sudah didapat tetapi diyakini Newcastle belum menghentikan laju di bursa transfer musim dingin.

Kedatangan Cisse menghentikan rumor pendekatan terhadap striker lain, seperti peluang kembalinya Andy Carroll dari Liverpool. Kini lini tengah menjadi perhatian manajer Alan Pardew dengan pemain Ajax Amsterdam, Jan Vertonghen, sebagai sasaran utama.
Cheick Tiote menjadi pemain yang diinginkan banyak klub Liga Primer, sementara Danny Simpson menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Newcastle.
Masuk: Papiss Cisse (Freiburg, £10 juta)
Keluar: Tidak ada
Target: Jan Vertonghen, Ravel Morrison
Kemungkinan hengkang: Alan Smith, Peter Lovenkrands, Danny Simpson, Cheick Tiote

NORWICH CITY


Norwich hampir pasti merekrut gelandang Leeds United Jonny Howson dengan tawaran mencapai £2 juta.

Gelandang petarung itu hampir dipastikan bukan satu-satunya pemain baru yang direkrut Paul Lambert karena striker Burnley Jay Rodriguez serta Adam Kwarasey masuk dalam daftar keinginan. Sementara, Aaron Wilbraham dan Andrew Crofts kemungkinan meninggalkan Carrow Road.

Masuk: Tidak ada
Keluar: Ritchie De Laet (Manchester United)
Target: Jonny Howson, Jay Rodriguez, Adam Kwarasey
Kemungkinan hengkang: Aaron Wilbraham, Andrew Crofts

QPR


Tidak ada lagi klub Liga Primer yang lebih sibuk selain QPR. Kedatangan manajer baru Mark Hughes setelah Tahun Baru mengisyaratkan pergerakan itu. QPR membutuhkan tambahan kekuatan guna menghindari ancaman degradasi.

Sejumlah nama beredar, seperti Christopher Samba, Alex, Nedum Onuoha, Andy Johnson, Bobby Zamora, dan Steven Pienaar. Salah satu incaran yang hampir pasti didapat adalah penyerang muda Sao Paulo, Henrique, dengan status pinjaman plus pembelian.

Masuk: Federico Macheda (Manchester United, pinjam)
Keluar: Tidak ada
Target: Christopher Samba, Nedum Onuoha, Alex, Andy Johnson, Henrique, Bobby Zamora, Steven Pienaar
Kemungkinan hengkang: Jay Bothroyd, Danny Gabbidon, Rob Hulse


STOKE CITY


Stoke tidak banyak berbicara di bursa transfer bulan ini setelah sibuk merekrut pemain baru di awal musim. Namun, striker VVV Venlo Michael Uchebo sedang didekati dengan transfer senilai £1,5 juta, tetapi mereka juga harus menunggu keluarnya izin kerja pemain asal Nigeria itu.
Ada pula kemungkinan Kenwyne Jones pindah setelah Peter Crouch lebih sering dimainkan di tim inti. Rumor menyebutkan Jones kemungkinan akan hijrah ke liga Timur Tengah.
Masuk: Tidak ada
Keluar: Danny Pugh (Leeds United)
Target: Michael Uchebo, James Collins, Craig Gardner
Kemungkinan hengkang: Kenwyne Jones

SUNDERLAND


Martin O'Neill mengemban tugas sebagai manajer dengan situasi tidak akan melakukan pembelian musim dingin tetapi kendala cedera memaksa dirinya harus melakukan sesuatu.

Prioritas O'Neill adalah mempertajam lini depan tim. Mevlut Erding dan Bobby Zamora menjadi salah satu target, meski Zamora enggan pindah ke kawasan timur laut. Selain itu, O'Neill menginginkan bek Aston Villa James Collins yang gagal mencapai kesepakatan kontrak baru di Villa Park. O'Neill juga harus mempertahankan gelandang Craig Gardner yang ingin pindah.

Masuk: Tidak ada
Keluar: Nyron Nosworthy (Watford), Ryan Noble (Derby County, pinjam), John Egan (Crystal Palace, pinjam), Trevor Carson (Hull City, pinjam), Jordan Cook (Carlisle United,pinjam ), Billy Knott (AFC Wimbledon, pinjam)
Target: James Collins, Bobby Zamora, Melvut Erding
Kemungkinan hengkang: Craig Gardner

SWANSEA CITY


Brendan Rodgers memanfaatkan kedekatannya dengan Chelsea dalam meminjam gelandang Josh McEachran hingga akhir musim. McEachran dijanjikan untuk memperoleh kesempatan tampil lebih besar dibandingkan ketika masih berseragam Chelsea.

Setelah itu, Rodgers serius mendekati pemain Crystal Palace Wilfried Zaha meski terganjal batasan gaji 25 ribu per pekan yang diterapkan Swansea. Sektor penyerang juga diperhatikan Rodgers dengan Nicky Maynard dari Bristol City dan Jamie Proctor dari Preston North End masuk dalam daftar incaran.

Masuk: Rory Donnelly (Cliftonville), Josh McEachran (Chelsea, pinjam), Darnel Situ (Lens, pinjam), Gylfi Sigurdsson (Hoffenheim, pinjam)
Keluar: Vangelis Moras (Cesena), David Cotterill (tanpa klub)
Target: Nicky Maynard, Jamie Proctor, Wilfried Zaha
Kemungkinan hengkang: Stephen Dobbie, Scott Sinclair, Nathan Dyer

TOTTENHAM


Seperti yang diketahui, Tottenham begitu akrab dengan tenggat waktu transfer. Harry Redknapp seperti menunggu waktu yang tepat untuk mengajukan tawaran kepada pemain incaran, sedangkan presiden Daniel Levy diyakini sudah mengantungi daftar pemain-pemain tersebut.

Meski mencari tambahan penyerang dan pemain sayap, kegiatan transfer Tottenham sepertinya tidak terlalu sibuk. Junior Hoilett hanya akan didekati kalau salah satu dari Niko Kranjcar atau Steven Pienaar dibeli klub lain. Penampilan Steven Caulker yang dipinjamkan ke Swansea membuat minat terhadap Jan Vertonghen berkurang. Christopher Samba tidak lagi menjadi sasaran.

Jangan abaikan pula kemungkinan pindah Jermain Defoe atau Roman Pavlyuchenko.

Masuk: Iago Falque (Juventus)
Keluar: Iago Falque (Southampton, pinjam), David Button (Doncaster Rovers, pinjam), Dean Parrett (Yeovil Town, pinjam)
Target: Junior Hoilett, Tim Krul, Jan Vertonghen, Loic Remy
Kemungkinan hengkang: Niko Kranjcar, Steven Pienaar, Giovani dos Santos, Sebastien Bassong, Jermain Defoe, Ramon Pavlyuchenko

WEST BROMWICH ALBION


Fulham gencar mendekati Peter Odewmwingie karena penampilannya menurun sejak memperpanjang kontrak tahun lalu.

Roy Hodgson hanya akan melepas Odemwingie jika banderol £5 juta disanggupi. Sambil menunggu kepastian, pemain Bristol City Nicky Maynard dan penyerang Reading Noel Hunt menjadi incaran sang manajer.

Sasaran Hodgson lainnya adalah Liam Ridgewell dari Birmingham City, Peter Whittingham dari Cardiff City, dan Damien Duff dari Fulham.

Masuk: Scott Allan (Dundee United, £300 ribu)
Keluar: James Hurst (Chesterfield, pinjam), Chris Wood (Bristol City, pinjam), Lateef Elford-Alliyu (Tranmere Rovers, pinjam)
Target: Liam Ridgewell, Nicky Maynard, Noel Hunt, Damien Duff, Peter Whittingham
Kemungkinan hengkang: Peter Odemwingie

WIGAN ATHLETIC


Roberto Martinez sangat membutuhkan mesin gol untuk mengubah status Wigan sebagai tim yang paling sulit mencetak gol di Liga Primer. Kendalanya adalah anggaran yang terbatas. Incaran Martinez adalah penyerang Cili Humberto Suazo, Georgios Samaras dari Glasgow Celtic, Billy Sharp dari Doncaster, dan Ross McCormack dari Leeds United.

Masuk: Tidak ada
Keluar:
Tidak ada
Target:
Humberto Suazo, Georgios Samaras, Billy Sharp, Ross McCormack, Luke Chambers
Kemungkinan hengkang: Victor Moses

WOLVES


Selain Steven Fletcher, Mick McCarthy masih kesulitan mencari pemain lain yang bisa diandalkan mencetak gol. Wolves pun terjun ke bursa transfer dengan mencari pemain depan untuk mendampingi Flethcer.

Keinginan Craig Gardner kembali ke kawasan Midlands juga membuka kemungkinan lain dan dipantau baik-baik oleh McCarthy, yang mengagumi semangat dan kerja keras gelandang Sunderland itu.

Masuk: Emmanuel Frimpong (Arsenal, pinjam), Eggert Jonsson (Hearts)
Keluar: Leigh Griffiths (Hibernian, pinjam)
Target: Nicky Maynard, Kevin Davies, Craig Gardner, Matt Fryatt
Kemungkinan hengkang: Sylvan Ebanks-Blake, Adam Hammill

Tidak ada komentar:

Posting Komentar